ardie_bach akan bantu mencari...tulis disini!!

Sabtu, 26 Februari 2011

PPEMERINTAH: PULAU SEBATIK PRIORITASKAN PEMBANGUNAN


Ketua Dewan Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP)/Menko Polhukam Djoko Suyanto, menegaskan bahwa penataan wilayah perbatasan harus dilakukan secara komprehensif dan tidak sekadar menyaingi wilayah negara tetangga saja.

Namun, terang Djoko, hal yang paling penting adalah memberikan dorongan dan membangkitkan kekuatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan.

"Berdayakan kekuatan-kekuatan lokal yang ada, penataan batas negara tidak sekadar menyaingi wilayah sebelahnya saja, tapi manfaatkan hubungan bilateral dengan negara sebelahnya," katanya saat memberikan arahan Rapat Kerja Rencana Aksi Pengelolaan Wilayah Perbatasan 2012 di Jakarta, Senin (7/2) lalu.

Djoko menekankan perlunya mengajak peran serta pemerintah daerah setempat dalam melakukan penataan dan pengelolaan wilayah perbatasan. Kerja sama antara pusat dan daerah itu diharapkan terjadi koordinasi dan sinergitas pembangunan.

"Memang tidak mungkin menyelesaikan masalah perbatasan dalam kurun waktu 2-3 tahun. Tapi ada prioritas yang telah disusun bersama yang harus segera dilaksanakan," kata Djoko.

Sementara itu Sekretaris BNPP Sutrisno, mengatakan rencana aksi penataan wilayah perbatasan untuk tahun 2011 akan dilaksanakan di 12 provinsi, 25 kab/kota dan 39 kecamatan. Adapun alokasi anggaran yang dibutuhkan untuk 2011 mencapai Rp 171 miliar.

"Kita akan prioritaskan untuk pembuatan jalan dari desa ke ke kecamatan menyambung ke kabupaten, membuat pasar tradisional, penyediaan air minum, pembangunan SD-SD di perbatasan," kata Sutrisno.

Menurut Sutrisno, dalam lima tahun ke depan, BNPP akan menggarap daerah perbatasan di 12 provinsi, 38 kab/kota dan 111 kecamatan. Indonesia berbatasan dengan sepuluh negara dengan rincian perbatsan darat sejauh 3.032 km, dan ada 92 pulau-pulau kecil terluar yang berbatasan dengan 10 negara.

"Prioritas saat ini yaitu penataan wilayah perbatsan di darat yaitu Kalbar, Kaltim, NTT, dan Papua. Sedangkan wilayah lautnya, yaitu laut di Kab. Talaut dan Sangihe dan Pulau Sebatik," kata Sutrisno.

Keterangan foto: Pemandangan di Pelabuhan Nelayan di Tanjung Karang Pulau Sebatik

Source: Pikiran Rakyat

1 komentar: